Tanaman padi Ludes di terjang banjir bandang, Warga Sumberbulu gagal Panen

  21 Mei 2018  |  DESA SUMBERBULU

Banjir bandang Sungai Badeng yang terjadi pada Selasa malan Rabo ( 15/5/2018 ), deras arus airnya yang bercampur lumpur. Terjang lahan tanaman padi milik warga Desa Sumberbulu Kecamatan Songgon, akibatnya warga petani gagal panen. Impian tanaman padinya bisa dipanen untuk kebutuhan Hari Raya tak lagi jadi nyata. 

Kepala Desa ( Kades ) Sumberbulu Sarengat ma'ruf mengaku turut prihatin atas kerugian yang menimpa warganya itu. Menurut Kades Sarengat  Ma'ruf kalau taksasi kerugian bernilai jutaan rupiah. Tapi yang paling terasa kesedihannya adalah petani yang mendekati masa panen, kerena harapannya dalam hitungan hari dipastikan menikmati hasil panennya. Namun karena bencana itu mereka harus isap jempol gagal panen.

Yang paling membuat pusing lagi kata Kades Sarengat Ma'ruf adalah kerusakan Dam tempat menampung dan membagi air ke area persawahan. Saluran irigasi yang untuk mengaliri sawah tertutup oleh lumpur. Untuk mengangkat lumpur dari saluran dibutuhkan alat berat. Tapi medan tebing yang tinggi tidak memungkinkan alat berat bisa masuk ke lokasi. Terpaksa dilakukan secara manual meski dalam waktu yang lama kelarnya. 

Sementara Kades M. Sarengat bersma warganya membuat saluran alternatif untuk mengakses air dari saluran lain. Langkah selanjutnya Kades Sarengat Ma'ruf koordinasi dengan Dinas terkait agar dalam waktu dekat Dam – Dam yang rusak bisa berfungsi sediakala. (rdy35).

Contact Details

  Alamat :   Dsn.Sumberbulu Krajan Rt.002 Rw.004
  Email : Sumberbulu1@gmail.com
  Telp. : 085855133894
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi