Warga & Peternak Ayam Desa Sumberbulu, Musyawarah Cegah Terjadinya Hama Lalat

  22 Mei 2018  |  DESA SUMBERBULU

Keberadaan kandang ayam yang ada di Dusun Sumberagung Desa Sumberbulu Kecamatan Songgon nampaknya menuai kontrofersi di kalangan warga sekitar.

Hadir dalam musyawarah dari unsur Pemerintah Kecamatan Syamsul Hadi selaku Trantib, Babinsa Sumberbulu, perwakilan dari Dinas Peternakan Banyuwangi, Kepala Puskesmas Songgon. Musyawarah dipimpin langsung oleh Kepala Desa Sumberbulu Sarengat Ma'ruf Perwakilan dari Dinas Peternakan menyarankan kepada pemilik ternak untuk mematuhi ketentuan yang ada. Agar kelola usaha ternaknya tidak mencemari lingkungan. Setiap ada warga yang mau dirikan usaha ternak, diminta untuk mengutamakan ijin lingkungannya.

Pada intinya dalam dialog musyawarah warga tidak menuntut penutupan usaha ternak ayam, hanya menuntut bagaimana pengusaha ternak membuat lingkungan tidak tercemar hama lalat lagi. Seperti disampaikan oleh Surtini, ” kami datang ke sini bukan anti Kandang tapi kami anti lalat “. Usulan yang lain datang dari Slamet dan Yusuf Sugiono, yang pada dasarnya jangan sampai ada hama lalat, dan meminta Tim Pengawas bekerja dengan baik jangan menunggu ada masalah. 

Para peternak melalui perwakilannya yang bernama Lima, sepakat dan minta maaf atas kecerobohan rekan peternak yang lain atas kejadian tersebut. Dan berjanji akan berusaha untuk memenuhi tuntutan warga. Bahkan Lima dan peternak yang lain siap dilakuka penutupan  kalau ada peternak yang mokong dari pernyataan/SOP yang sudah ada. 

Sepertinya untuk memaksimalkan pengawasan Kepala Desa  Sarengat Ma'ruf juga libatkan tokoh masyarakat sekitar wilayah yang ada Kandang Ternak Ayam

Contact Details

  Alamat :   Dsn.Sumberbulu Krajan Rt.002 Rw.004
  Email : Sumberbulu1@gmail.com
  Telp. : 085855133894
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi